Cara Merawat AC agar Tetap Bersih

Cara Merawat AC agar Tetap Bersih

Panasnya cuaca di luar ruangan seringkali mengharuskan seseorang untuk memasang AC atau air conditioner dalam ruangan. Hal tersebut dilakukan agar aktivitas bisa berjalan dengan lebih nyaman. AC banyak dipasang dalam kantor atau rumah. Sekarang ini, AC bukan lagi menjadi barang langka karena sudah banyak orang yang menggunakannya. Di balik kemudahan dalam memasang dan memakai AC, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah menjaga dan memerhatikan kebersihan AC. AC yang kotor justru akan memperburuk kondisi dan bisa memengaruhi kesehatan tubuh orang-orang yang memakainya. Itulah mengapa banyak sekali pihak yang menyediakan jasa cuci AC yang akan membantu Anda untuk merawat AC yang Anda punya. Namun, sebelum melakukan panggilan ke penyedia jasa, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menghemat biaya perawatan.

Perhatikan kebersihan filter AC

Filter atau penyaring yang ada dalam AC sangat penting untuk diperhatikan kebersihannya. Jangan sampai filter AC mengandung banyak sekali kotoran. Bila sudah demikian, sirkulasi udara yang ada dalam ruangan justru akan buruk sehingga berpengaruh terhadap kesehatan orang-orang. Anda bisa menggunakan berbagai macam alat untuk membersihkan filter AC. Anda bisa memakai lap, kemoceng, hingga vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran yang ada dalam filter AC. Pastikan sudah tidak ada aliran listrik apapun yang tersambung ke AC untuk meminimalisir bahaya yang mungkin saja bisa terjadi. Anda juga perlu membaca terlebih dahulu buku panduan agar tidak melakukan kesalahan dalam membersihkan filter AC.

Kipas dan evaporator juga perlu dibersihkan

Selain filter, bagian lain dalam AC, seperti evaporator dan kipas juga perlu diperhatikan kebersihannya. Anda bisa melakukan pembelian cairan pembersih AC yang telah dijual di toko-toko. Jangan lupa untuk memberi alas ketika membersihkan evaporator ataupun kipas agar kotoran yang terjatuh tidak mengotori bagian ruangan yang lain. Selain itu, sama dengan membersihkan filter AC, Anda juga perlu memerhatikan buku panduan terlebih dahulu. Jangan sampai cairan pembersih yang Anda semprotkan justru akan mengenai komponen lain sehingga komponen lain akan menjadi rusak.

Membersihkan AC outdoor

Selain AC yang berada di dalam ruangan, Anda juga perlu membersihkan komponen AC yang terletak di luar ruangan. Anda bisa membersihkan komponen ini dengan air yang memiliki tegangan yang cukup kuat. Anda perlu memastikan bahwa tidak ada aliran listrik yang mengalir ke komponen AC. Setelah itu, Anda bisa membersihkan komponen tersebut tanpa perlu khawatir air akan mengganggu sistem yang ada. Hal itu dikarenakan komponen sudah memiliki desain yang menyebabkan air akan menjadi sulit masuk ke sistemnya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan AC tanpa perlu menghubungi tukang bersih AC. Dengan melakukan hal ini, tentu saja Anda menjadi lebih bisa menghemat pengeluaran untuk perawatan.