Kerusakan yang Membuat Anda Harus Segera ke Tempat Service AC Mobil

Kerusakan yang Membuat Anda Harus Segera ke Tempat Service AC Mobil

Peran AC dalam kenyamanan berkendara sangat penting. Adanya AC akan membuat udara yang ada di dalam mobil senantiasa sejuk dan segar. Namun, sayangnya, komponen satu ini cukup sering bermasalah. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa kerusakan yang membuat Anda sebaiknya segera mencari tempat service AC mobil yang tepat.

Membawa AC mobil yang rusak segera ke tempat perbaikan menjadi hal yang cukup penting. Dengan membawa AC yang rusak tersebut secepat mungkin, tentu saja Anda akan mencegah kerusakan yang lebih parah terjadi. Selain itu, Anda juga bisa menghemat pengeluaran untuk melakukan perbaikan yang lebih mahal.

Nah, ada beberapa kerusakan yang umum terjadi pada AC mobil. Beberapa kerusakan yang cukup sering terjadi pada AC mobil yang membuat Anda harus segera melakukan perbaikan adalah sebagai berikut:

  • AC kurang dingin

Salah satu masalah AC mobil yang cukup sering terjadi adalah AC mobil yang kurang dingin. Masalah ini sangat mengganggu karena akan membuat ruang di dalam mobil menjadi lebih panas dan juga lembap. Jika masalah ini terjadi, setting AC yang berada di level paling dingin pun tidak akan memberikan udara yang segar dan dingin.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari masalah yang satu ini. Umumnya, AC yang kurang dingin disebabkan oleh cairan freon yang berkurang karena kebocoran, mesin mobil yang terlalu panas, kondensor yang tidak bekerja optimal dan lainnya.

  • Mesin mobil sering mati saat AC dihidupkan

Masalah lain yang cukup sering terjadi terkait dengan AC mobil adalah mesin mobil yang sering mati. Kejadian ini biasanya muncul saat AC mobil dihidupkan. Kondisi ini tentu saja akan sangat mengganggu karena Anda tidak bisa berkendara dengan nyaman.

Perlu diketahui bahwa putaran mesin mobil akan cenderung naik ketika AC dihidupkan. Hal ini dikarenakan AC mobil tersebut membutuhkan daya dan putaran mesin adalah salah satu sumber daya yang diambil. Nah, masalah mesin mobil yang sering mati ini kemungkinan terjadi karena adanya masalah pada bagian idle up AC mobil Anda.

  • Lantai mobil basah setelah AC dihidupkan

Salah satu masalah AC mobil yang juga sering muncul adalah lantai mobil cenderung cepat basah setelah AC mobil tersebut dihidupkan. Ini adalah salah satu kondisi yang cukup merepotkan. Jika masalah ini terjadi, tentu Anda tidak bisa duduk dengan nyaman di kabin dan udara dari AC juga akan terkontaminasi sehingga menjadi kurang segar.

Nah, masalah lantai yang basah ini cukup sering terjadi dan tentu harus dihindari. Dalam hal ini, penyebab dari lantai mobil yang cenderung basah setelah AC dihidupkan adalah adanya kebocoran pada bagian saluran pembuangan AC. Carian pembuangan AC tersebut tidak bisa dikeluarkan dari dalam mobil sehingga akan menetes pada karpet mobil.

  • Hembusan AC kurang kencang

Pernahkah Anda menemukan AC mobil dengan hembusan udara yang kurang kencang? Nah, ini adalah salah satu masalah yang kerap kali muncul dan tentu saja sangat merepotkan. Jika masalah ini muncul, maka AC tidak bisa bekerja dengan lancar dan kenyamanan di dalam mobil akan berkurang.

Apa yang menjadi sebab dari masalah ini adalah filter AC yang kotor. Tidak hanya itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh motor blower AC yang lemah. Nah, pengecekan beberapa komponen menjadi perbaikan yang bisa dilakukan. Jika diperlukan, Anda bisa melakukan penggantian filter.

Jika beberapa kerusakan tersebut muncul, maka Anda harus segera membawanya ke bengkel AC mobil yang tepat. Semoga bermanfaat.