Ketahui Tips Bepergian Pertama Kali dengan Pesawat Air Asia

Ketahui Tips Bepergian Pertama Kali dengan Pesawat Air Asia

Melakukan perjalanan ke tempat yang jauh memang paling pas jika menggunakan pesawat. Hanya saja, tidak semua orang pernah naik pesawat, sehingga perasaan gugup pasti selalu ada karena belum tahu seperti apa nanti keadaan di bandara maupun saat di atas pesawat. Apabila kamu termasuk yang baru pertama kali naik pesawat, kemudian secara kebetulan menggunakan maskapai Air Asia, coba simak tips berikut ini supaya perjalananmu aman dan menyenangkan nantinya.

Persiapan Naik Pesawat Pertama Kali

Daripada hanya menduga-duga apa yang perlu dilakukan ketika akan naik pesawat pertama kali, coba untuk melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Sebaiknya membawa barang seperlunya

Dikarenakan ini perjalanan pertama dengan pesawat, mungkin kamu berpikir jika harus menyiapkan banyak barang untuk berjaga-jaga. Tanpa sadar, kamu jadi memasukkan terlalu banyak barang ke dalam tas. Padahal, tas yang terlalu berat atau lebih dari 7kg, biasanya tidak boleh diizinkan masuk ke bagasi kabin sehingga harus masuk bagasi tercatat.

Ketika sudah masuk bagasi tercatat, kamu jelas tidak bisa mengawasi tasmu selama penerbangan. Selain itu, kamu juga tidak bisa langsung pergi usai turun dari pesawat karena harus mencari tas terlebih dulu. Oleh sebab itu, daripada ribet lebih baik bawa barang seperlunya saja.

  1. Lebih baik datang lebih awal daripada terlambat

Berbeda dengan naik kendaraan lain yang terkadang masih bisa mengejar keberangkatan meskipun kamu datangnya sangat mepet. Jika ingin naik pesawat, kamu bahkan sudah harus ada di bandara minimal satu jam sebelum keberangkatan. Hal ini supaya kamu tidak terlambat nantinya. Sangat tidak lucu ketika ingin naik pesawat pertama kali malah ditinggal akibat keteledoran kamu sendiri.

  1. Print tiket pesawat jika perlu

Sekarang pembelian tiket pesawat memang bisa secara online. Bahkan pemeriksaannya pun bisa hanya dengan menggunakan ponsel. Hanya saja, faktor eror di lapangan juga bisa tiba-tiba datang, misalnya seperti hp tiba-tiba eror atau baterai habis, sehingga tidak bisa mengecek tiket. Untuk menghindari hal-hal tersebut, dan hanya untuk berjaga-jaga, kamu bisa menyetak tiket pesawat sebelum pergi. Sehingga ketika ada pemeriksaan, kamu tinggal memperlihatkan tiket pesawatmu yang sudah dicetak.

  1. Pastikan terminal yang didatangi benar

Masing-masing terminal di bandara memiliki tujuan yang berbeda, sehingga penting untuk selalu mengecek apakah terminal yang didatangi benar atau tidak. Terlebih, di bandara-bandara besar, letak terminal satu dengan yang lainnya terpaut cukup jauh bahkan sampai harus naik kendaraan untuk menuju terminal lainnya.

  1. Check-in pada loket maskapai yang tersedia

Ketika ingin check-in dan memperoleh boarding pass, kamu harus mendatangi loket dari maskapai yang kamu pakai. Misalnya, kamu membeli tiket pesawat dari Air Asia, maka pergilah ke loket Air Asia untuk mendapatkan boarding pass-mu. Jangan sampai keliru.

  1. Tunggu pesawat di gate keberangkatan

Usai mendapatkan boarding pass, pergilah ke gate keberangkatan dan tunggu di sana sampai pesawatmu datang dan kamu dipersilakan mengantri untuk pengecekan boarding pass. Saat menunggu, ada baiknya untuk selalu mendengarkan pengumuman, supaya kamu tahu kapan pesawat datang. Jangan lupa menyiapkan KTP sebelum pemeriksaan boarding pass, supaya ketika pemeriksaan dilakukan kamu tidak perlu repot lagi mencari KTP.

Apabila kamu sudah melakukan semua hal-hal di atas, kamu bisa memulai penerbangan dengan nyaman. Pastikan juga kamu menempati kursi yang tepat, yang sesuai dengan tiket pembelian. Untuk menghindari gugup berlebih, coba latihan pernapasan dan merilekskan diri ketika di dalam pesawat.